web stats

circle life part 1

Sabtu, 04 Mei 2013



Hidup adalah sebuah babak penentu yang akan membawa kita pada ending yang tak terduga. Dalam sebuah novel misteri, sering kita dapati akhir yang tak terbesit diotak kita, ambil saja contoh dari komik conan sang detektif cilik dan juga scooby doo si anjing detektif misteri. Seperti itual ending hidup kita, tak akan terduga.
            Sering kita jumpai seseorang yang dimasa lalunya dia sangat baik, namun menjelang kepergiannya, dia berubah 180  menjadi sosok lain dan tidak lagi menyejukkan hati, begitupun sebaliknya.
=/=
            Janganlah menilai seseorang dari penampilan atau kesan pertama. Ya, pesan itu sangatlah penting. Karena, seringnya seseorang akan menampakkan sisi lain dirinya saat kesan pertama. Jika engkau ingin menilai seseorang, tanyalah pada orang terdekatnya atau bertemanlah dengannya dalam waktu yang sedikit lama agar kau tahu seperti apa dia. Datanglah padanya disaat suka dan duka, mintalah pendapatnya, resapi. Maka kau akan tahu pola pikirnya. Dan kau akan mampu menyimpulkan bagaimana wataknya.Namun, ada orang yang mampu berubah jika berhadapan dengan lain orang, jika begini, bertanyalah pada orang-orang yang bertanya padanya. Lalu renungkan, tidak sekedar menyimpulkan.
            Dari sini, kita bisa belajar dari orang-orang yang pernah kita temui, ambil hikmahnya. Pilah-pilihlah untuk dicontoh yang baik dan tinggalkan yang buruk. Karena pengalaman adalah guru terbaik dalam perjalanan hidup ini. Karena seringnya, pengalaman memberikan kesan yang mendalam untuk dijadikan penuntun daripada petuah-petuah panjang dari orang lain. Hal itu dikarenakan, seringnya kita menganggap petuah tersebut terlalu bertele-tele, dan belum pernah merasakannya.
=/=
            Tulislah apa-apa yang kau jalani. Karena kelak hal itu akan berguna untukmu. Kita tidak akan tahu apakah kita akan selamanya mengingat memori hari ini atau yang telah berlalu. Dan juga, hal itu bisa berguna untuk orang lain.
=/=
            Janganlah kau mencintai seseorang jika hal itu menyakiti orang lain. Karena cinta itu lembut namun mampu menghanyutkan. Cinta yang dibangun dari sakit orang lain akan menimbulkan keresahan hati dan tidak memberikan ketentraman.
            Dalam Islam pun dijelaskan bahwa mencintai dan membenci seseorang itu sekedarnya saja, jangan terlalu. Karena mampu berubah menjadi sebaliknya.
=/=
            Cobalah belajar menjadi orang yang peka terhadap orang lain. Karena kepekaan akan menimbulkan buah yang baik bagi diri sendiri dan orang lain.
            Tokoh-tokoh besar yang menjadi panutan kesemuanya hampirlah memiliki sifat ini. Seperti : Nabi Muhammad, bunda Teresa, Mahatma Gandi. Dimana mereka adalah sosok yang peka terhadap keadaan sekitar, dan mereka menjadi orang yang selalu dikenang dihati orang lain. Namun, peka bukan berarti ingin dikenang. Orang yang tulus kepekaannya akan senantiasa terasakan oleh hati orang lain, karena kepekaan mampu menyentuh hati yang terdalam bagi orang lain.
            Jarang orang yang memiliki sikap peka, meskipun banyak sekali orang yang peduli. Karena peka dan peduli tingkatannya lebih tinggi peka. Jika peduli haruslah menunggu waktu orang lain membutuhkan bantuan, peka tidak. Peka akan selalu hadir dalam diri orang yang memilikinya. Akan senantiasa menolong orang dalam suka dan sedih, dalam keadaan apapun si peka dan si penerima.
=/=
            Jadilah orang yang kreatif untuk mengembangkan apapun. Karena kreatif menuntun manusia untuk tidak menjadi orang yang mudah putus asa.
=/=
            Jangan pernah menjadi orang yang memberatkan orang lain. Jadilah manusia yang mandiri dari manusia namun butuh pada Allah. Jangan pernah menjadi orang yang membebankan orang lain, karena manusia yang seperti itu tak ubahnya bayi raksasa yang merepotkan dan tidak memberikan manfaat bagi manusia lain
            Dalam Islam tidak pernah diajarkan sebuah kemanjaan, namun sebuah kemandirian yang membawa pada kekuatan dan pantang menyerah. Kemanjaan akan membawa kita pada sifat sentimentil dan ketergantungan, bahkan sikap frustasi jika sudah mencapai titik maksimum.

0 komentar:

Posting Komentar